Analisa Modal Usaha Jasa Service AC

Bagi orang-orang yang telah memiliki skill dalam bisang mesin pendingin, tentu memiliki keinginan untuk membuka service AC. Namun, tak sedikit dari mereka tidak mengetahui hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan demi kelancaran bisnis yang satu ini. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, modal utama untuk membuka bisnis service AC adalah skill atau kemampuan untuk memperbaiki sebuah mesin pendingin. Jangan sampai Anda bermodal tangan kosong untuk memulai bisnis ini.

Salah satu hal yang ahrus dipertimbangkan ketika membuka sebuah bisnis adalah laba yang akan diperoleh serta kemudahan akomodasi untuk menjalankan bisnis tersebut. Salah satu bisnis yang bisa dibilang menjanjikan ialah bisnis penyedia jasa service AC. Bisnis yang satu ini emmang memiliki peluang yang cukup besar, baik dari laba yang dihasilkan maupun prospeknya yang bersifat jangka panjang. Biasanya bisnis penyedia jasa service AC terdapat di kota-kota padat penduduk, karena suhu di kawasan tersebut cenderung lebih panas jika dibandingkan dengan kawasan pedesaan.

Hal tersebut memiliki tujuan agar Anda dapat menganalisis serta memperbaiki keadaan mesin pendingin yang rusak, serta dapat menanganinya dengan cara yang tepat pula. Namun ada hal yang tak kalah penting untuk di analisis ketika Anda ingin membuka usaha jasa service AC, hal tersebut ialah perhitungan usaha service AC. Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:


1. Perhitungkan jasa cuci AC atau perawatan, jika satu bulan bisa mengerjakan 200 unit AC x Rp.50 ribu=Rp. 5 juta. Pengerjaan 7-8 unit biasanya memakan waktu sehari, selama 26 hari kerja.
2. Untuk perbaikan 50 unit AC perbulan x Rp.150 ribu=Rp.7.5 juta.
3. Bongkar pasang 5 unit AC perbulan x Rp.150 ribu=Rp. 3 juta.
4. Pasang AC sebanyak 20 unit perbulan x Rp.150 ribu=Rp. 3 juta.
5. Jasa Service dan Jual Chiller freon AC sebanyak 30 unit perbulan x Rp. 150 ribu=Rp.4.5 juta

Total omset yang di dapat dalam jangka waktu satu bulan berdasarkan perhitungan di atas adalah senilai Rp. 21.5 juta. Namun tak hanya memperhitungkan omset usaha jasa service AC, Anda juga perlu melakukan perhitungan untuk biaya pengeluaran selama satu bulan. Biaya tersebut diperlukan untuk antara lain:
a. Gaji teknisi sebesar Rp. 1.8 juta/bulan
b. Gaji helper sebesar Rp. 1.2 juta/bulan
c. Persediaan freon Rp. 600 ribu
d. Bahan-bahan lain Rp. 200 ribu
e. Promosi Rp. 500 ribu

Jika ditotalkan, ddalam satu bulan Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 4.5 juta. Dan apabila di kalkulasi dengan total omset yang di dapat pada pembahasan sebelumnya, keuntungan bersih yang di dapat setiap bulannya bisa mencapai Rp. 17 juta. Setelah mendapat laba dari hasil service AC, maka hal berikut yang perlu Anda persiapkan adalah melengkapi perlengkapan service AC guna menunjang kebutuhan Anda dan pegawai Anda. Peralatan tersebut diantaranya bor tangan, plering, tang amphere, thermo gun, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*