Sistem dan cara kerjanya Genset (Generator)

Apa sistemnya dan bagaimana cara kerjanya generator? Setelah membaca definisi generator di sini, kita akan membahas bagaimana generator bekerja dan tambahan untuk memperkuat definisi sebelumnya.


Generator adalah perangkat yang beroperasi pada prinsip Faraday dan memutar magnet dalam koil atau sebaliknya. Ketika magnet digerakkan di koil, fluks magnet (perubahan arah medan magnet) di dalam koil berubah dan menembus tegak lurus ke koil, menciptakan perbedaan potensial antara ujung koil (menghasilkan listrik).

Persyaratan utama untuk menghasilkan listrik harus berupa perubahan dalam fluks magnet, jika tidak maka tidak akan ada listrik. Kemampuan untuk mengubah fluks magnet adalah dengan menggerakkan magnet dalam koil atau sebaliknya dengan energi dari sumber lain, misalnya. Seperti angin dan air, yang memutar baling-baling turbin untuk menggerakkan magnet.

Ketika sebuah konduktor dipindahkan untuk memotong medan magnet, perbedaan tegangan terjadi di ujung konduktor. Ketegangan meningkat saat mendekati medan dan jatuh saat bergerak menjauh darinya. Agar listrik terjadi dalam siklus: Positive Zero Negative Zero (CA). Generator DC membalikkan arah arus ketika tegangan negatif menggunakan mekanisme cincin. Hasilnya adalah siklus: positif nol positif nol (CC

Perbedaan antara generator DC dan AC

Generator DC: generator DC

Alternator: Alternator

Generator DC menggunakan “Comutator”.

Di sepeda generator atau pembangkit listrik sederhana dapat ditemukan. Bersepeda biasanya menggunakan dinamo untuk menyalakan lampu. Caranya adalah bahwa bagian atas dinamo (bagian yang berputar) terhubung ke roda sepeda. Energi gerakan berubah menjadi energi listrik. Generator (Dynamo) adalah perangkat yang prinsipnya didasarkan pada induksi elektromagnetik. Instrumen ini pertama kali ditemukan oleh Michael Faraday.

Tidak seperti motor listrik, generator adalah mesin yang mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Energi kinetik dalam generator juga dapat diperoleh dari angin atau air terjun. Berdasarkan listrik yang dihasilkan. Generator dapat dibagi menjadi dua jenis: alternator dan generator DC. Alternator menghasilkan arus bolak-balik (AC) dan generator DC menghasilkan arus searah (DC). Baik daya AC dan DC dapat digunakan untuk penerangan dan peralatan pemanas.

Generator itu sendiri adalah bagian dari generator. Genset adalah perangkat yang dapat mengubah energi mekanik menjadi energi listrik. Genset atau generator sistem distribusi adalah generator listrik yang terdiri dari panel, energi matahari, dan kincir angin yang dipasang di satu tempat.

Unit ini dapat digunakan sebagai sistem tenaga atau “off-grid” (sumber daya yang bergantung pada kebutuhan pengguna). Generator digunakan di rumah sakit dan di industri yang menginginkan sumber daya yang besar dan relatif stabil.

Generator dilengkapi dengan poros dengan mesin diesel yang biasanya menggunakan generator sinkron generasi (alternator). Generator sinkron terdiri dari dua bagian utama: sistem medan magnet dan armature. jual genset ini memiliki kapasitas besar, medan magnet berputar karena berada di rotor.

Generator akan berjalan selama sepuluh detik jika listrik padam. Generator akan dinyalakan selama sepuluh detik berikutnya sehingga lampu dapat menyala kembali. Pekerjaan generator generator, yang memasok daya setelah 20 detik, didukung oleh AVR (Automatic Voltage Regulator).

Dalam AVR, terdapat Mutual Reactor (MT), sejenis transformator CT (Current Transformer) yang menghasilkan arus listrik berdasarkan jumlah arus beban yang mengalir melalui (seri). Arus listrik yang dihasilkan berfungsi untuk memperkuat medan magnet dalam belitan rotor. Untuk beban besar, arus yang dihasilkan juga besar (Formula: V = IxR, di mana Vp / Vs = Ip / Vp dan P = IxV).

Untuk menjaga stabilitas AVR, tidak cukup hanya mengandalkan AVR saja. Generator juga dilengkapi dengan pengontrol sistem untuk mempertahankan daya rotasi (momentum daya rotasi) sehingga frekuensi rotasi yang stabil dapat dihasilkan saat ada.Jika tidak ada beban, ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan pasokan BBM (biasanya bahan bakar diesel) untuk generator generator dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*